Image and video hosting by TinyPic

Punya Rekan Kerja Berisik Bagus untuk Kreativitas

img Seringkali konsentrasi jadi buyar jika ada rekan kerja yang berisik, baik karena cerewet atau hobi memutar musik keras-keras. Namun jangan khawatir, asal tidak berlebihan rekan kerja yang berisik justru bisa bikin otak lebih kreatif.

Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, suasana kerja yang terlalu tenang malah kurang menguntungkan dalam hal kreativitas. Kalaupun bisa lebih konsentrasi, kerja di ruangan yang hening cenderung membosankan dan kurang merangsang munculnya ide-ide segar.

Suasana kerja yang ideal menurut penelitian yang dilakukan ilmuwan bernama Amar Cheema PhD tersebut adalah yang agak berisik, dengan intensitas suara sekitar 70 desibel (dB). Sebagai gambaran, tingkat kebisingannya kurang lebih setara dengan suasana kafe atau warung kopi.

Hal itu dibuktikan saat Dr Cheema meneliti sekitar 300 orang relawan, yang dibagi menjadi 3 kelompok dengan perlakuan berbeda. Kelompok pertama dikondisikan untuk bekerja di ruangan yang tenang, kelompok kedua di ruangan yang agak bising dan yang terakhir di ruangan yang terlalu bising.

Saat berada di ruangan masing-masing, para partisipan juga diminta untuk mengerjakan semacam tes kecerdasan untuk mengukur kreativitasnya. Makin kreatif otaknya, makin lugas dan inovatif pula jawaban-jawaban yang diberikan oleh para relawan.

Setelah dibandingkan, partisipan yang bekerja dalam kondisi ruangan agak bising menunjukkan skor paling tinggi dibanding kedua kelompok yang lain. Artinya saat bekerja di ruangan yang agak bising, seseorang bisa lebih kreatif daripada saat berada di ruang yang terlalu tenang atau terlalu bising.

"Bila ruang kerja tidak ideal untuk mendukung kreativitas, sebaiknya cari obrolan. Bawa pekerjaan ke kantin atau tempat umum, atau buka pintu agar suara bisa masuk dan suasananya jadi seperti kafe," saran Dr Cheema seperti dikutip dari Menshealth.com.

Sumber 

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons