Image and video hosting by TinyPic

Insinyur Spanyol Buat Mesin V12 Terkecil di Dunia

Metrotvnews.com, Madrid: Seorang insinyur Spanyol bernama Patelo berhasil membuat mesin V12 terkecil di dunia. Mesin itu berkapasitas 12 cc yang dihasilkan oleh 12 piston berdiameter 11,3 mm. Mesin ini bekerja menggunakan udara bertekanan.

Patelo membuat mesin mungil ini dari bongkahan aluminium, stainless steel dan perunggu. Ia menghabiskan waktu lebih dari 1.200 jam untuk merancang, membubut, dan membor logam-logam solid tersebut untuk menciptakan mesin V12.

Tenaga pemutar mesin ini tidak menggunakan bahan bakar minyak atau gas. Melainkan dengan menginjeksikan udara dengan kekuatan tekanan 0,1 kg/cm persegi (1,42 PSI). Oleh karena itu mesin ini tidak memiliki busi maupun perangkat pengapian.

Mesin mungil ini dibuat untuk tujuan pendidikan. Patelo tidak berniat untuk menjual mesin V12 mini ini kepada siapapun. Ia mendedikasikan karya yang sangat membutuhkan kepresisian ini untuk keempat cucu tercintanya. Patelo membuat sendiri 261 potongan logam mesin ini dari awal yang disatukan dengan 222 baut.

Sumber

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons