Image and video hosting by TinyPic

Warna Piring dan Taplak Meja Pengaruhi Keberhasilan Diet

Jakarta, Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa ukuran piring dan sendok bisa mempengaruhi keberhasilan program diet. Kini para ilmuwan menemukan fakta baru, yakni porsi makan seseorang juga dipengaruhi oleh warna piring dan taplak meja.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Colour Research ini melibatkan 200 partisipan berusia 18-39 tahun. Para partisipan menjalani 2 eksperimen sekaligus, masing-masing untuk melihat pengaruh perbedaan warna piring dan taplak meja serta ukuran piring terhadap porsi makan.

Eksperimen pertama hanya menegaskan hasil penelitian lain yang pernah dilakukan sebelumnya, yakni bahwa ukuran piring mempengaruhi porsi makan. Hasilnya tidak jauh berbeda, partisipan yang menggunakan piring lebih besar cenderung makan dalam porsi lebih banyak.

Fakta menarik terungkap dalam eksperimen kedua, yang melibatkan kombinasi warna antara piring dengan taplak meja. Partisipan yang makan dengan piring dan taplak meja yang paling kontras warnanya, cenderung makan lebih banyak dibanding yang warna piring dan taplak mejanya sama.

Para peneliti menyebutnya sebagai efek ilusi optik, atau tipuan penglihatan. Dengan kontras warna yang tinggi antara piring dengan taplak meja, makanan di dalam piring cenderung tampak lebih sedikit sehingga partisipan akan terdorong untuk menambah porsi makannya.

Demikian pula sebaliknya, makin rendah kontras warna antara piring dengan taplak meja maka kesan yang muncul adalah isi piring tampak lebih penuh sehingga lebih cepat merasa kenyang. Akibatnya bagi yang sedang diet, kontras warna yang rendah akan sangat mendukung keberhasilannya.

Ide untuk melakukan penelitian ini terinspirasi oleh gagasan seorang filsuf dari abad ke-19, Franz Delboeuf. Dikutip dari MSNBC, Rabu (30/11/2011), Delboeuf membuktikan bahwa lingkaran yang ukurannya sama bisa tampak berbeda jika masing-masing diletakkan dalam lingkaran lain yang lebih besar namun berbeda ukuran.

Sumber

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons